Kamis, 28 Maret 2013

Definis, Latar Belakang, dan Dimensi Komunikasi Antar Budaya


latar belakang komunikasi antar budaya

Berdasarkan luas lingkup permasalahannya setidaknya da tiga yang menjadi pendorong adanya komunikasi antarbudaya :
A.    kesadaran internasional, pekembangan alat-alat perhubungan dan juga sarana komunikasimemicu semakim maraknya komunikasi antar budaya. Dalam suasan demikian maka dunia seakan terdesak untuk menguayakan tercapainya kesepahaman antar bangsa dan antar manusia, karena apa yang dianggap baik oleh satu Negara belum tentu baik bagi Negara atau bangsa yang lain.
B.     Kesadaran domestic, bersama dengan perubahan internasional, maka budaya juga ikut berkembang,sehingga yang dulunya ada embok pemisah yang memisahkan atar budaya satu dengan lain sudah mulai runtuh, kontak yang ada karena ketidak sepahaman, yang muncul karena hanya perbedaan bahasa, gaya, dan bentuk rambut, warna kulit, dan juga cara memandang kehidupan. Maka dari itu, perlunya ada komunikasi antarbudaya agar kels pada sub-budaya yang ada bisa di selesaikan dengan baik.

C.     Kesadaran pribadi, perasaan yang puas dengan hal yang baru,pengetahuan tentang KAB dapat mengurangi maslah-masalah dalam komunikasi, kemampuan untuk memperspsikan diri.

Definis komunikasi antarbudaya

Setiap hari kita berhubungan dengan orang lain, tentunya kita (manusia) hidup dalam keberagaman, salah satunya kultur, kultur yang berbeda sering kali menjadi momok dalam melakukan komunikasi. Karena kultur yang berbeda kita sering kali berada dalam ketidak sadaran diri sehingga bertindak iirasional. Untuk mendefinisikan komunikasi antar budaya, kita perlu terlebih dahulu memahami kultur. Kultur,  ialah gaya hidup yang relative khusus dari satu kelompok mayarakat, yang terdiri atas, nilai-nila, kepercayaan, cara berperilaku, serta cara berkomunikasi, yang ditularkan dari generasi ke generasi berikutnya. Teermasuk kultur ialah, segala yang dihasilkan dan dikembangkan oleh sebuah kelompok, diantaranya bahasa, cara berfikir, seni, undang-undang dan agama mereka. Sehingga komunikasi antar budaya mengacu pada komunikasi antar orang-orang dari kultur yang berbeda, antara orang yang memeiliki kepercayaan, nilai, dan cara berperilaku kultur yang berbeda. Dalam komunikasi antar budaya, komunikatornya adalah anggota dari kultur yang berbeda.

Hubungan Komunikasi dengan Kebudayaan

setiap harinya kita berkomunikasi, begitu juga dengan komunikasi antarbudaya semakin vital dan penting daripada masa-masa sebelumnya, dan yang menghubungkan antara komunikasi dan kebudayaan adalah :
a.       mobilitas masyrakat di seluruh dunia sedang mencapai puncaknya, perjalanan dari satu Negara kenegara lain dan dari benua kebenua lain sudah banyak dilakukan, saat ini orang sering kali mengunjungi budaya-budaya lain untuk mengenal daerah baru dan orang yang berbeda serta untuk menggali peluang ekonomis. Hubungan anatar peribadipun akhirnya bisa berubah menjadi hubungan antar budaya.
b.      Saat ini banyak Negara yang bergantung secara ekonomis bergantung pada Negara lain. Banyak kegiatan perdagangan, khususnya di bidang teknologi. Sehingga ekonomi bangsa bergantung pada pada kemampuan bangsa lain untuk berkomunikasi secara efektif dengan kultur-kultur yang berbeda.
c.       Meningkatnya teknologi komunikasi telah membawa kultur luar yang asing masuk ke rumah kita
d.      Imigrasi juga yang menjadi salah satu penghubung antara komunikasi dan kebudayaan, hamper setiap kota besar di dunia, kita dapat menjumpai orang dari bangsa lain, kita baergaul, bekerja, atau bersekolah dengan orang yang berbeda dengan kita. Pengalaman sehari-hari itulah yng menjadikan adan komunikasi antar budaya.
e.       Kesejahtraan politik juga mempengaruhi hubungan antar komunikasi dan kebudayaan karena kesejahtraan politik kita sangat bergantung pada kesejahtraan politik Negara lain.

Dimensi komunikasi antarbudaya

Tingkat masyarakt budaya pada partisipan, istilah kebudayaan telah merujuk pada macam-macam tingkat lingkupan dan kompeksitas dari organisasi social.umumnya istilah kebudayaan mempunya pengertian budaya amerika, budaya asia,dll. Contohnya, komunikasi antar individu dan kebudayaan nasional,yang berbeda. Karena setiap orang ingin mewujudkan satu kebudayaan yang unik.

Kejutan budaya

Ada beberapa tahap sohck cultur diantaranya :
A.    masa bulan madu : yang didengar dan dilihat semua menyenangkanmerasa orang di sekitarnya ramah dai ia merasa puas.
B.     Masa pertarungan : mulai ada masalah, dan ada rasa frustasi yang melanda akan tetapi masih bisa meyakinkan bahwa itu semua bisa diatasi.
C.     Masa ruwet : kadaan menjadi parah bila masalah gagal diatasi
D.    Masa penyesuaian diri ; mulai memegami kesulitan dilingkungan baru dan kesulitan mulai hilang
E.     Masa ruwet ulang : sebenarnya sudah memahami masalah yang ada akan tetapi kembali kepada masa putus asa
F.      Masa tidak lama sebelum kembali kedaerah asal : semangat mulai gairah lagi, mengigat tidak lama  lagi kembali, akan tetapi ada perasaan ganda, yaitu ingin cepat pulang, dan masih ingin tinggal lebih lama karena sudah mulai akrab dengan teman-teman baru.
G.    Masa shok : kembali kedaerah asal, akan tetapi merasakan hal yang berbada dari rasa sebelumnya, sehingga manjadi shok akan tetapi masi itu akan segera hilang seiring berjalannya waktu.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com