Rabu, 23 Januari 2013

Solidaritas kemanusiaan

Solidaritas kemanusiaan

Teragedi jatuhnya pesawat sokhoi super jet 100 yang menabrak gunung salak, bogor, pada rabu 9 mai 2012 lalu, sungguh di luar dugaan, sangat mengejutkan kita semua. Pesawat yang digadang-gadang sebagai pesawat komersial tercanggih, dengan fasalitas yang canggih, nayaman, serta memiliki peralatan yang lengkap.ternyata hancur berkeping-keping setelah menabrak gunung salak.
Memang penyebab terjadinya belum diketahui, dan masih diselidiki dengan seksama, baik itu oleh pemerintah RI melalui KNKT (komite nasional penyelamatan trasportasi), kamenhub, porli, maupun tim lengkap yang sengaja dating dari rusia.
Kita berharap, mudah-mudahan dengan kesungguhan, serta kejujuran, masyarakat bisa mengetahi secara jelas apa pentebab jatuhnya pesawat tersebut. Dengan demikian spekulasi-spekulasi tentang jatuhnya pesawat itu dapat ditepis dan dihilangkan.
Kita sebagai muslim hendaknya mendoakan saudara-saudara kita yang ikut tergabung dan meninggal dunia dalam penerbangan itu, ibadah diterima dan dosanya diampuni. Dan bagi saudar yang ditinggalkan bisa tabah menerima ini semua.
 Allah berfirman dalam QS al-baqarah : 156-157. ‘’yaitu orang-orang yang ditimpa musibah mereka mengucapkan ‘’innalillahi wainna ilahi raajiuun’’ (sesungguhnya kita adalah milik allah dan akan kembali kepada allah). Mereka itulah yang mendapatkan yang sempurna dan rahmat dari tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk’’.
Dari sisi lain tragedi ini selain mengundang kegalauan, kesedihan, juga mengundang solidartas kemanusiaan yang begitu kuat. Semua merasa bahwa teragedi ini bukan hanya bagi mereka yang tertimpa secara langsung, tapi juga bagi kita semua.
Dalam teragedi ini sungguh sangat indah melihat semangat yang luar biasa untuk menolong sesama, ribuan orang terlihat ikut dalam evakuasi itu walaupun harus menghadapi medan yang berat dan sulit. Bahkan ada sebagian orang yang mengerjakan sholat gaib untuk menghormati mereka yang meninggal dalam musibah ini.
Solidaritas kemanusiaan seperti ini harus senantiasa kita pupuk dan kita jaga bersama, tidak hanya ketika ada musibah akan tetapi dalam semua bidang. Dengan tujuan untuk perbaikan mayarakat. Wallahua’lam bissawaab.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com